Cara Membersihkan Vagina Saat Menstruasi Dengan Benar

cara membersihkan vagina saat menstruasi

cara membersihkan vagina saat menstruasi




membersihkan vagina saat menstruasi-Menstruasi yaitu siklus yang terjadi pada wanita dalam jangka waktu 1 bulan atau disebut dengan siklus bulanan. Kebersihan organ sangat penting untuk diperhatikan saat menstruasi, jika praktik kebersihan kita yang buruk maka bisa menimbulkan berbagai penyakit infeksi. Sayangnya, wanita saat ini ketika datang bulan kurang menjaga kebersihannya.

Selama menjalani siklus haid atau menstruasi, organ intim wanita berada dalam kondisi yang lebih lembap itulah mengapa setiap perempuan harus ekstra lebih memperhatikan kondisi organ intim atau vagina selama menstruasi.


Cara Membersihkan Vagina Saat Menstruasi Dengan Benar

Vagina yang sehat dan bersih memiliki keseimbangan kimiawii yg bersifat asam dengan pH 3.5, pada keadaan keseimbangan kimiawi yang normal, bakteri baik yang ada di dalam vagina mampu membersihkan vagina dari bakteri secara optimal sehingga keseimbangan kelembabann di dalam vagina selalu terjaga tetapi jika vagina tidak dalam keadaan keseimbangan yang normal maka vagina tidakbisa membersihkan bakteri secara optimal akibatnya keluhan yang biasanya atau malah sering dialami pada vagina seperti gatal-gatal karena kebersihan dan kelembaban vagina yang terganggu, salah satunya ketika wanita/perempuan mengalami menstruasi. Saat menstruasi kebersihan organ intim jangan dianggap sepele atau tidak penting.

Pembalut biasnya menjadi faktor utama yang perlu diperhatikan wanita saat menstruasi/haid. Jangan memilih pembalut dengan asal-asalan pilihlah pembalut yang aman nyaman dengan permukaan yang lembut dan tanpa pewangi, karena pembalut beraroma sangat berpotensi menimbulkan iritasi pada vagina, bahkan bakteri bisa bersarang akibat pembalut asing yang memakai pewangi.

Saat menstruasi/haid tubuh akan memproduksi hormon estrogen dalam jumlah yang lebih banyak, hormon tersebut memicu produksi keringat dalam jumlah lebih banyak dari biasanya dan keringat pun menjadi beraroma kurang sedap, maka untuk mengatasinya usahakan mandi pagi dan sore untuk saat haid. Saat menstruasi, mandi adalah proses utama untuk memastikan kebeersihan di area genital atau vagina, jadi saat membersihkan organ intim basuhlah dengan air bersih dari arah kedepan ke belakang atau sebaliknya jangan terlalu sering membersihkan vagina menggunakan sabun kewanitaan bersihkan dengan air saja sudah cukup karena jika penggunaan sabun kewanitaan berlebihan bisa mengganggu keseimbangan flora di sekitar  alat kelamin serta bisa membunuh bakteri baik dan memicu tumbuhnya bakteri jahat atau jamur.
 Langkah-langkah merawat vagina saat menstruasi/haid


Wanita juga perlu menghindari pemakaian celana dalm yang terlalu ketat karena penggunaan celana dalam yang terlalu ketat dapat menekan otot luar pada organ intim dan membuat are sekitarnya menjadi lembab jadi kenakan celana dalam yang agak longgar dan bahannya terbuat dari bahan dasar katunyang mudah menyerap keringat.

Langkah-langkah merawat vagina saat menstruasi/haid
  •  Setiap hari pagi dan sorejika memungkinkan, cucu alaat kelamin dan keringkan.
  •  Selalu bersihkan vagina dari depan kebelakang atau dari belakng ke depan.
  •  Ganti celana dalam minimal 2 kali sehari, terutama kalau sudah lembap.
  •  Ganti pembalut setiap 3 jam sekali meskipun pembalut belum penuh agar area vagina tetap kering dan tidak lembap.
  •  Jika menstruasi sudah tidak begitu banyak kenakan panty liner sebagai ganti pembalut biasa.
  •  Tidak melakukan vaginal douching atau memasukkan cairan pembersih, termasuk air, kedalam vagina dengan maksut membersihkan.
Ini yang harus wanita perhatikan saat membersihkan organ intim/vagina saat menstruasi atau haid :
  • Pertama bersihkan vagina, mis v terlebih dahulu menggunakan air bersih dari depan ke belakang untuk membersihkan sisa darah yang tertinggal.
  • Sabuni badan kecuali pada bagian dalam vagina.menurut ACOG(American Congress of Obstetricians dan Gynecologists) adalah cara terbaik dalam membersihkan vagina cukup dengan air hangat, jika membersihkan alat kelamin dengan sabun akan mengganggu keseimbangan pH vagina. Jika keseimbangn vagina terganggu maka membuatnvagina lebih rentan terhadap infeksi.
  • Bersihkan busa sabun menggunakan air hangat yang berdampak menenangkan wanita dari mood yang tidak stabil.
  • Bilas kembali bagian intim vagina lalu seka tubuh hingga kering.

Pada saat memasuki siklus menstruasi hindari DOUCHING yaitu memasukkan jari atau ejakulasi ke dalam vagina meskipun tujuannya membersihkan vagina bagian dalam karena dapat menghilangkan bakteri loctobacili dan juga memicu iritasi kulit.selain itu jangan terlalu sering mencukur bulu kemaluan karena bisa menyebabkan bengkak nanah juga dikaitkan dengan infeksi dan yang mengalami biasanya mengeluh kesakitan dan demam,sehingga alat potongpun juga harus dijaga kebersihannya.

Pada saat wannita menstruasi maka sangat penting menjaga kesehatan reproduksinya, bagi anda yang ingin mengetahui bagaimana caranya agar bisa menjaga kesehatan organ reproduksi baca ini TIPS KESEHATAN REPRODUKSI WANITA.

Akibat dari lalai menjaga kebersihan organ intim ketika menstruasi yaitu tumbuhnya mikroorganisme yg tidak diharapkan kelalaian menjaga kebersihan ini juga dapat menimbulkan bau infeksi dan keputihan yang tidak wajar ... darah itu kan media kuman yang digunakan kuman untuk berkembang, mengingat selama wanita menstruasi darah akan menempel di permukaan vulva maka wanita harus terus menjaga kebersihan vagina agar kelembapan vagina tetap terjaga..

Jika tangan ingin menyentuh untuk membersihkan vagina pastikan tangan harus bersih, mencuci tangan sebelum membersihkan vagina itu penting ketika membasuh kita harus memastikan airnya benar-benar bersih atau gunakan air hangat untuk membasuh, sementara jika kita membasuh menggunakan air yang mengalir misalnya dengan disemprot maka saat mennyemprot semrotannya jangan terlalu kencang. Rangkaian membersihkan organ kewanitan ini dilakukan karena agar tidak ada bakteri yang berasal dari tangan trus berkembang di vagina..

Kalau kita ingin memakai celana pada saat sehabis membersihkan vagina pastikan vagina anda kering agar kelembapannya terjaga. Kalau ingin megeringkan vagina dengan tisu jangan lupa bagian celah diantara dua labia harus ikut di usap pakai tisu tapi mengusapnya dengan lembut ..

Kalau wanita normal biasanya haid/menstruasi terjadi dalam siklu 21-35 hari selama tiga hingga tujuh hari dalam satu siklusnya,jumlah darah selama satu siklus haid kurang lebih sebanyak 50 cc namun jumlah darah yang keluar saat haid berbeda-beda pada setiapwanita oleh karena itu sebenarnya tidak ada aturan baku mengenai jangka waktu mengganti pembalut..

Kalau anda memakai pembalut tidak bisa leluasa dalam bergerak coba menggunakan tampon. Tampon adalah berfungsi sebagai pengganti pembalut tetapi bahan pembuatan tampon dipadatkan sehingga berbentuk tabung, cara menggunakannya dimasukkan keliang vagina sehingga kita lebih leluasa bergerak kesana kemari ? namun resikonya lebih besar karena posisi tampon lebih dekat ke mulut rahim, karena penggunaannya dimasukkan keliang vagina maka selain menentukan ukuran yang cocok dan sesuai tangan kita juga harus bersih dan benar-benar bersih sebelum menggunakan atau memasangkan tampon, agar tetap bersih dan mencegah bakteri timbul lebih baik ganti setiap tiga jam sekali dan tidak digunakan pada waktu tidur, karena waktu tidur itu waktunya lama tidak mungkin kan setiap tiga jam pas lagi tidur kita bangun untuk menggantinya, penggunaan tampon di indonesia memang tidak terlalu populer karena penggunaannya yang dimasukkan keliang vagina dan mempunyai resiko sendiri misalnya pada perempuan yang belum menikah pasti ada ketakutan pada saat menggunakannya karena bisa menembus atau melukai selaput daranya...


Sekian postingan dari saya semoga bermanfaat dan berguna bagi anda semua sebelumnya saya berterimakasih atas kunjungannya ke blog saya ,, sampai jumpa di lain waktu ya ? ?


Cara Membersihkan Vagina Saat Menstruasi Dengan Benar

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »