45 Fungsi Mentimun Buat Kesehatan serta Kecantikan

45 Fungsi Mentimun Buat Kesehatan serta Kecantikan 

Ketimun merupakan model sayuran yg masuk ke dalam keluarga tanaman seperti labu serta semangka. Kandungan air pada sayuran mentimun persis seperti yang ada pada faedah semangka, yakni beberapa besar terbagi dalam (95 %) air, yang bermakna konsumsi ketimun pada hari musim panas, bisa menolong badan terus terhidrasi.

Di Indonesia sendiri, ketimun banyak dikonsumsi sebagai bahan makanan yg tidak lewat sistem pemanasan (di makan mentah) , seperti rujak atau lalapan. Banyak konsumsi ketimun, bisa memberi manfaat yang baik bagi badan. Berikut sebagian faedah ketimun yang baik untuk badan kita.
Kandungan Gizi Dalam Ketimun

Fungsi Mentimun Buat Kesehatan serta Kecantikan


Ketimun terbagi dalam 95% air serta dengan cara alami rendah kalori, lemak, cholesterol serta sodium. Menurut USDA National Database Gizi, 1 cangkir irisan mentimun dengan kulitnya (sekitaran 119 gr) memiliki kandungan :

  • 115 gram air 
  • 16 kalori 
  • 0, 8 gram protein 
  • 0, 2 gram lemak 
  • 2, 9 gram karbohidrat (termasuk 0, 9 gram serat serta 1, 8 gram gula) 
Fungsi Mentimun Buat Kesehatan serta Kecantikan


Didalam secangkir ketimun ini, juga memenuhi keperluan harian zat seperti 11% dari vitamin K, 4% vitamin C, magnesium, kalium serta mangan serta 2% dari vitamin A, thiamin, riboflavin, B-6, folat, asam pantotenat, kalsium, zat besi, fosfor, seng serta tembaga.

Fungsi Ketimun Untuk Kesehatan 

Fungsi ketimun untuk kesehatan begitu bermacam, konsumsi ketimun bakal menaikkan konsumsi beragam zat yang perlu untuk badan. Tersebut disini penjelasan beragam faedah mentimun untuk kesehatan badan manusia.


  •  Melindungi Otak 

Didalam ketimun ada beberapa zat yang bernama flavanol (fisetin) , yang punyai faedah dalam penambahan memori serta membuat perlindungan beberapa sel saraf, dari penurunan kegunaan otak yang terkait dengan umur. Pada analisa yang dilaksanakan oleh tikus, senyawa fisetin ini memberi perlindungan dengan cara progresif pada masalah Alzheimer.


  • Konsumsi Antioksidan 

Ketimun memanglah kaya dengan bermacam type anti-oksidan juga terdiRI dari :

  • flavonoid 
  • quercetin 
  • apigenin 
  • luteolin 
  • kaempferol 
  • termasuk juga vitamin C serta beta karoten 

Anti-oksidan bisa menolong melawan perkembangan tanda-tanda kanker serta turunkan kemungkinan penyakit kritis termasuk juga penyakit jantung.


  • Menjaga konsumsi air untuk badan 

Ketimun memiliki kandungan 96% kandungan air yang tambah baik di banding air umum. Memekan ketimun, bisa menghindari diri dari dehidrasi serta pastinya menolong menetralisir racun pada badan.


  • Menyehatkan Jantung 

Kandungan dalam juice mentimun berbentuk kalium seperti pada faedah pisang, juga magnesium serta serat yang begitu baik dikonsumsi untuk pasien darah tinggi maupun rendah. Keseimbangan kalium didalam ataupun diluar beberapa sel begitu perlu untuk badan, untuk mengontrol kondisi desakan darah pada badan.

Sebagai elektrolit, kalium yaitu ion yang punyai muatan positif yang perlu dipertahankan dalam konsentrasi spesifik (sekitaran 30 kali lebih tinggi dalam dari pada diluar sel) dalam rencana mengerjakan kegunaannya. Hal semacam ini mencakup hubungan zat pada sodium, untuk menolong transmisi impuls kontrol saraf, kontraksi otot, serta kegunaan jantung.


  • Menjaga Berat Tubuh yang Sehat 

Ketimun begitu rendah kalori, yang bekerja seperti faedah apel untuk diet. Bikin makanan ringan dengan isi satu cangkir mentimun, cuma memiliki kandungan 16 kalori. Serat larut dalam mentimun memiliki tekstur seperti gel dalam usus, yang menolong untuk memperlambat pencernaan. Perut bakal terasa kenyang lebih lama serta berikut yang disebut diantara satu argumen, kenapa makanan kaya serat bisa menolong mengontrol berat tubuh.


  • Baik untuk kesehatan gigi serta gusi 

Kunyah mentimun bisa merangsang kelenjar air liur untuk menghasilkan semakin banyak serta bisa kurangi zat asam pada rongga mulut dan bekteri yang tumbuh di dalamnya. Penyakit gusi lain seperti pyorrea dengan cara efisien bisa diobati oleh ketimun.


  • Mensupport Pencernaan Yang Sehat 

Pada mentimun ada 2 komposisi basic yang paling kaya keberadaannya, serta paling dibutuhkan n untuk pencernaan yang sehat yakni air serta serat. Kandungan serat serta air yang melimpah bersihkan usus dari toksin. Kulit mentimun memiliki kandungan serat larut, yang menolong menaikkan keperluan buang air besar. Hal semacam ini menolong makanan bergerak lewat saluran pencernaan yang lebih cepat untuk pencernaan sehat.


  • Menjaga Berat Tubuh yang Sehat 

Ketimun begitu rendah kalori, tetapi mereka bikin makanan ringan isi (satu cangkir irisan mentimun cuma memiliki kandungan 16 kalori) . 8 serat larut dalam mentimun larut ke struktur seperti gel dalam usus Anda, menolong untuk memperlambat pencernaan Anda. Ini bakal menolong Anda terasa kenyang lebih lama serta adalah diantara satu argumen kenapa makanan kaya serat bisa menolong dengan kontrol berat tubuh.


  • Menolong mengobati tanda-tanda penyakit rematik serta asam urat 

Vitamin A, B, Folat, Kalium, Magnesium dalam mentimun yang digabung dengan juice wortel untuk memperoleh faedah wortel, dapat meredakan nyeri astritis serta kandungan asam urat pada badan.
Faedah Ketimun Untuk Perawatan Kecantikan

Salah satu yang sangat disukai wanita pada ketimun, yaitu begitu baik untuk menangani permasalahan kecantikan. Di bawah ini faedah ketimun untuk kecantikan seperti berikut :


  • Kurangi lingkaran hitam pada mata 

Faedah ketimun pada kandungan zat silika pada timun bisa menolong peremajaan kulit sekitaran mata. Cukup kompres saja dengan potongan ketimun pada mata.

  • Kurangi bintik hitam 

Parutan ketimun yang di olesi ke daerah muka serta leher, diakui dapat kurangi bintik-bintik hitam akibat paparan matahari. Hal semacam ini dikarenakan timun bisa diperlukan sebagai tonik alami.

  •  Menghindar kerutan pada kulit 

Faedah ketimun memberi rasa kesegaran yang alami untuk kulit, dikarenakan sifatnya yang memiliki kandungan air hingga baik untuk bersihkan muka serta melembabkan kulit. Potongan timun cukup di tempelkan pada kulit dengan cara teratur.

Beberapa besar makanan alami memanglah memberi faedah beberapa nutrisi yang perlu untuk badan, seperti ketimun ini. Mengkonsumsi tiap-tiap macam type buah serta sayur untuk memenuhi tiap-tiap keperluan nutrisi badan.

Fungsi Mentimun Buat Kesehatan serta Kecantikan

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »