Inilah Waktu Wanita Rentan Terkena Sariawan

Wanita Lebih Rentan Sariawan


Beberapa masa dalam kehidupan wanita mengalami perubahan hormon yang membuat mereka para wanita lebih rentan terkena sariawan.
Waktu yang Membuat Wanita Lebih Rentan Sariawan

Kesehatan Tubuh Wanita, Wanita bisa menjadi lebih rentan terhadap masalah kesehatan pada daerah mulut seperti terkena sariawan, karena terjadinya perubahan hormon unik yang wanita alami.

Melansir Webmd- hormon tidak hanya mempengaruhi bagian suplai darah di jaringan gusi, tapi juga respon pada tubuh terhadap racun yang muncul akibat penumpukan plak.

Sebagai hasil dari perubahan hormon ini, wanita menjadi lebih rentan terhadap munculnya penyakit mulut pada tahap tertentu di kehidupannya, begitu juga dengan masalah kesehatan pada bagian mulut.

Ada beberapa situasi dalam kehidupan wanita di mana meningkatnya hormon dapat membuat mereka para wanita lebih rentan terhadap masalah kesehatan pada mulut, langsung saja disimak ulasan berikut ini:

Waktu yang Membuat Wanita Lebih Rentan Sariawan


  1.  Pubertas

meningkatnya produksi hormon kewanitaan seperti estrogen dan progesteron, yang terjadi pada saat wanita sedang puber bisa meningkatkan aliran darah ke gusi. 

Hal ini akan menyebabkan berubahnya cara gusi bereaksi terhadap iritan di plak dan menjadikannya lebih lunak, merah, bengkak, dan lebih mudah berdarah pada saat sedang menggosok gigi.


     2. Siklus menstruasi bulanan

padasaat wanita sedang menstruasi akan menyebabkan adanya perubahan hormon yang terjadi, terutama peningkatan hormon prosgesteron. 

Ini dapat mengakibatkan beberapa wanita mengalami perubahan kondisi pada mulut contohnya gusi yang merah dan bengkak, pembengkakan pada kelenjar ludah, munculnya sariawan di mulut, dan juga gusi mudah berdarah.

Waktu yang Membuat Wanita Lebih Rentan Sariawan


     3. Penggunaan pil KB

Wanita yang menggunakan dan mengkonsumsi pil KB yang mengandung progesteron bisa mengakibatkan inflamasi jaringan gusi. 

Hal ini bisa terjadi karena reaksi pada tubuh yang berlebihan terhadap racun yang diproduksi dari plak.

jika hal ini terjadi Hubungi dokter gigi.

Waktu yang Membuat Wanita Lebih Rentan Sariawan

    
    4. Hamil

Pada saat wanita hamil biasanya Terjadi perubahan hormon yang cukup signifikan. Meningkatnya hormon progesteron ini bissa menyebabkan terjadinya penyakit pada gusi kapan saja selama umur kehamilan yamg kedua bulan sampai bulan kedelapan kehamilan. Hal ini dinamakan gingivitis kehamilan.

Dokter gigi biasanya akan merekomendasikan pembersihan pada gigi secara profesional yang lebih sering saat trimester kedua atau ketiga. 

Hal ini bertujuani untuk mengurangi timbulnya risiko terjadinya gingivitis kehamilan. Jangan lupa beritahu pada dokter gigi kalau Anda sedang mengalami kehamil.


     5. Menopause

Bermacam-macam perubahan kondisi pada mulut bisa terjadi sebagai konsekuensi pertambahan usia pada seseorang. Hal ini bisa terjadi karena akibat berbagai cara pengobatan yang dilakukan untuk menyembuhkan penyakit dan perubahan hormon pada saat menopause.

Perubahan kondisi mulut ini biasanya seperti berikut berubahnya selera | rasa terbakar pada mulut | sensitivitas yang tinggi terhadap makanan yang panas atau dingin | dan menurunnya aliran saliva yang membuat mulut menjadi kering.

Mulut kering, pada akhirnya mengakibatkan terjadinya gigi keropos dan penyakit pada gusi. Hal ini dapat terjadi karena saliva sudah tidak bisa melembapkan dan membersihkan area mulut dengan cara menetralkan asam yang diproduksi plak.

Waktu yang Membuat Wanita Lebih Rentan Sariawan

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »